Yuk Intip Canggihnya Kamera CCTV Tilang Elektronik di Jakarta

jenis kamera yang digunakan di kawasan tilang elektronik kota Jakarta

Penerapan tilang elektronik dengan pengawasan kamera CCTV atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) di Jakarta, memang sudah diberlakukan sejak Oktober 2018 lalu. Tapi tahu kah Anda, bahwa kamera yang digunakan di kawasan tilang elektronik kota Jakarta ini, memiliki kecanggihan yang luar biasa.

Kamera tersebut bisa menangkap gambar dengan jelas, meng-capture, hingga menyorot nomor plat kendaraan yang melakukan pelanggaran. Dengan begitu, petugas keamanan lalu lintas pun bisa lebih mudah melihat pelanggaran di lapangan. Bahkan, sejak sebulan pertama diberlakukan saja, teknologi tersebut sudah memblokir 193 kendaraan roda empat dan 258 pelanggar yang mendapatkan penetapan amar putusan atau vonis dari pengadilan.

Mau tahu, seperti apa kecanggihan kamera CCTV yang digunakan Ditlantas Polda Metro Jaya dalam penerapan tilang elektronik ini? Yuk intip ulasannya berikut ini.

Bisa mendeteksi kendaraan yang melaju dengan kecepatan 80 km/jam

Salah satu brand kamera CCTV yang digunakan dalam penerapan E-LTE adalah merek Dahua. Merek ini juga dipercaya dalam membantu mengimplementasikan aturan baru tersebut. Selain itu, merek kamera CCTV Dahua, diklaim mampu mendeteksi pelat nomor kendaraan yang sedang berjalan dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

Bisa mengenali 250 merek kendaraan dan 8 jenis tipe kendaraan

Tidak hanya itu, Technical Support dari PT. Dahua Vision Tecnology juga menjelaskan bahwa, kamera CCTV Dahua seri ITC 231 ini bahkan bisa mengenali 250 merek kendaraan dan 8 jenis tipe kendaraan. Sehingga, CCTV ini sangat membantu para petugas tilang dari Ditlantas Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Asuransi Kendaraan Mobil

Harga kamera mahal

Kamera CCTV yang didatangkan langsung dari China ini kabarnya juga memiliki harga selangit. Harga satu unit CCTV beserta aksesoris dan alat pendukung lainnya bisa mencapai Rp 40 juta lebih. Hal itu pun dibenarkan oleh Project & Sales Manager dari PT. Jaring Semesta Integrasi (JSI), yakni Julius Hartono, sebagai ditributor kedua untuk perangkat Dahua di Indonesia.

Untuk yang belum tahu, PT. Jaringan Semesta Integrasi, juga membuka kantor di Jakarta, yakni di Pantai Indah Kapuk. Uniknya, kantor JSI di Jakarta ini juga berfungsi sebagai showroom yang dibuka untuk umum , agar masyarakat mengetahui pemanfaatan CCTV dan update terbaru mengenai security system. Di sana Anda bisa melihat berbagai produk CCTV, salah satunya adalah CCTV yang pakai dalam sistem tilang elektronik atau E-LTE. Anda juga akan dijelaskan bagaimana kamera tersebut berfungsi.

E-LTE menggunakan 3 kamera khusus, ANPR, Check Point, dan Speed Radar

Nah, untuk kamera CCTV tilang elektronik di Jakarta ini, diketahui menggunakan tiga kamera khusus. Tiga kamera khusus ini terdiri dari kamera ANPR, kamera check point, dan speed radar yang memiliki kemampuan dan fungsi berbeda.

Kamera yang pertama adalah kamera ANPR, yang berfungsi secara otomatis mendeteksi pelanggaran traffic light dan marka jalan. Tidak hanya itu, kamera ini juga bisa mengambil gambar pelat nomor kendaraan yang melanggar untuk disinkronkan di database.

Selanjutnya adalah kamera check point, yakni kamera yang memiliki kemampuan yang hampir sama dengan kamera ANPR. Karena memiliki fitur yang sama dengan ANPR, kamera ini juga bisa mengambil gambar pelanggaran lalu lintas seperti ganjil-genap, pengendara yang tidak menggunakan safety belt, dan penggunaan telepon genggam ketika sedang berkendara. Selain itu, sistem ini juga akan terkoneksi dengan aplikasi analisa situasi lalu lintas.

Nah, untuk kamera speed radar merupakan kamera sensor yang nantinya akan dikoneksikan dengan kamera check point untuk mendeteksi laju kecepatan kendaraan yang melintas secara real time. Sehingga sensor ini secara otomatis akan memberikan signal capture bagi kendaraan yang kecepatannya melebihi batas normal.

Bagaimana untuk cara kerja tilang elektronik dan kawasan mana saja yang diawasi kamera CCTV?

Nah, sekaranag sudah tahu kan, jenis kamera CCTV yang digunakan dalam penerapan tilang elektronik. Namun, apakah Anda sudah tahu soal cara kerja tilang elektronik dan kawasan mana saja yang diawasi kamera CCTV E-LTE?

Nah, untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa dapatkan informasi selengkapnya terkait cara kerja tilang elektronik, mulai dari pengoperasian kamera, meng-capture pelanggaran, hingga cara pembayaran tilangnya. Serta kawasan mana saja yang menerapkan sistem tilang elektronik di Jakarta, di link berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/nyetir-sambil-main-hp-bakal-ditilang-polisi-ini-cara-kerja-tilang-e-tle-dan-pembayarannya/

Tinggalkan Balasan