Tabungan Dana Tunai Lebih Menguntungkan dengan Program Deposito Syariah

Salah satu jenis tabungan dana tunai yang bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda adalah deposito berbasis syariah. Deposito syariah tidak jauh berbeda dengan deposito konvensional dalam hal pengertian. Deposito merupakan tabungan berjangka yang bisa diambil pada jangka waktu tertentu saja. Hal yang membedakan dengan konvensional adalah deposito syariah ini dilandasi oleh prinsip syariah.

Perbedaan berikutnya antara deposito konvensional dan deposito syariah adalah penggunaan akad syariah dan tidak menggunakan akad syariah. Sistem pemberian keuntungan deposito syariah ini berupa akad mudharabah, yakni sistem bagi hasil antara Anda dengan pihak bank. Lebih tepatnya pemilik dana bertindak sebagai shahibul maal dan bank bertindak sebagai mudharib (pengelola dana).

Dengan prinsip syariah yang disepakati sedari awal, bank tidak dibenarkan jika melanggar aturan yang disepakati. Namun, bank berhak menjalani kerja sama dengan pihak lain dengan sistem mudharabah demi mengelola dana tersebut. Hal ini tidak melanggar ketentuan yang telah disepakati dengan Anda.

Syarat Mengajukan Deposito Syariah

Ketika bekerja sama dengan bank untuk membuat tabungan dana tunai Anda lebih aman serta menguntungkan, Anda mesti memenuhi berbagai syarat. Demikian juga dengan ketentuan yang ditetapkan oleh deposito syariah ini. Di berbagai bank mungkin detail syaratnya akan berbeda, namun di bawah ini akan dijabarkan berbagai syarat dan ketentuan umum untuk Anda persiapkan:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mendatangi bank adalah mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening deposito dengan benar.
  • Berbagai identitas pribadi Anda harus menjadi salah satu syarat pengajuan, seperti KTP, SIM, atau paspor.
  • Jika deposito syariah ditujukan untuk perusahaan maka yang mesti ditunjukan lainnya adalah fotokopi bukti identitas atau legalitas bukti hukum perusahaan.
  • Terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah proses untuk melakukan penyetoran pertama.

Selebihnya Anda bisa melakukan cek syarat-syarat detail apa saja yang dibutuhkan, dengan masuk langsung ke website banknya atau mencari informasi rinci dari pekerja bank yang Anda kenal. 

Cara Mengajukan Deposito Syariah

Itu berbagai syarat yang bisa Anda persiapkan, selanjutnya untuk membuka rekening tabungan dana deposito syariah di bank, ada baiknya Anda membandingkan antara produk satu dengan lainnya. Layanan deposito oleh setiap bank amat lumrah diberikan, namun tidak semua bank memberikan penawaran menarik. Anda bisa melakukan perbandingan demi mencari tahu mana yang paling bagus.

Berbagai ketentuan yang bisa Anda jadikan standar untuk memilih deposito syariah, di antaranya adalah apa saja fitur yang diberikan, jangka waktu yang bisa diambil, jumlah deposito, dan berapa banyak bagi hasil yang akan Anda dapatkan. Ketika semua ketentuan tersebut sudah Anda dapatkan, baru Anda bisa melihat bank mana yang memberikan penawaran nisbah bagi hasil paling tinggi dan menguntungkan.

Jika sudah, Anda bisa melakukan berbagai langkah ini sebagai proses pendaftaran:

  • Tentukan jumlah dana yang akan Anda depositkan.
  • Tentukan pula berapa jangka waktu agar deposito bisa diambil.
  • Pilih produk berdasarkan perbandingan yang sudah dilakukan.
  • Jika membutuhkan konsultasi gratis, Anda bisa langsung bergerak cepat menghubungi layanan call center.

Keuntungan Deposito Syariah

Ada banyak keuntungan ketika tabungan dana tunai dengan deposito syariah dilakukan, salah satunya sebagai sarana investasi paling tepat yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. Dewan Pengawas Syariah atau disingkat dengan DPS di Indonesia telah memberikan seruan dari awal supaya LPS dan pemilik modal untuk membagi keuntungan sesuai dengan akad yang telah disetujui dari awal.

Detail keuntungan menyimpan dana sebagai deposito syariah adalah:

  • Investasi dilakukan berdasarkan hukum akad dan ketentuan syariah.
  • Dana dijamin aman.
  • Presentase nisbah atau porsi bagi hasil akan sangat kompetitif.
  • Jangka waktu paling sebentar 1 bulan dan paling lama 24 bulan.
  • Bisa dijadikan sebagai jaminan biaya.
  • Ketika jatuh tempo, uang bisa dicairkan atau dimasukkan kembali ke tabungan deposito syariah.

Demikian berbagai keuntungan menabungkan uang dengan cara deposito syariah yang bisa Anda rasakan. Lebih lengkap Anda bisa membandingkan fasilitas satu dan lainnya di https://www.cekaja.com/kredit. Situs tersebut memberikan kesempatan Anda untuk mendapatkan layanan tabungan dana tunai syariah terbaik yang disediakan oleh berbagai bank di Indonesia.

Tinggalkan Balasan