Melakukan Pinjaman Dana Tunai Jaminan Ijazah? Inilah Penjelasannya

Umumnya melakukan pinjaman dana tunai di bank membutuhkan jaminan seperti kendaraan motor, emas batangan, sertifikat rumah, ataupun barang berharga lainnya. Sebenarnya, ada yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan, namun tentu syaratnya tidak bisa dipenuhi semua orang. Karena syarat tersebut bergantung pada bank yang dipilih dimana setiap bank memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda.

Bagi karyawan kantoran, tentu hal tersebut bukanlah perkara besar. Mereka bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah. Namun, bagaimana dengan mereka yang pekerjaannya serabutan atau masih mahasiswa? Pasti akan sulit untuk mendapatkan pinjaman. Sehingga kadang solusinya ialah dengan menggadaikan ijazah untuk meminjam uang.

Dulu, bank Mandiri pernah menawarkan pinjaman dengan jaminan ijazah khusus mahasiswa. Namun, dikarenakan banyak yang pembayarannya macet, maka program tersebut dihapuskan. Kini cukup sulit mencari pinjaman dana hanya dengan jaminan ijazah. Tapi tenang saja, cukup sulit bukan berarti tidak ada. Jadi bagi Anda yang berniat meminjam uang dengan menggadaikan ijazah, Anda bisa mendapatkannya ditempat berikut ini.

Tempat Peminjaman Dana Tunai dengan Jaminan Ijazah

Karena di lembaga BUMN seperti bank dan pegadaian tidak bisa menerima pinjaman dengan jaminan ijazah, maka Anda bisa meminjam di beberapa tempat ini.

1. Koperasi Simpan Pinjam

Beberapa koperasi simpan pinjam biasanya masih menerima ijazah saat peminjaman uang. Namun seperti yang Anda tahu, bunga di koperasi simpan pinjam tergolong tinggi jadi jangan sampai Anda terperangkap di hutang yang semakin membesar jika memang tidak memiliki kejelasan tentang pembayaran pinjaman di masa depan. Jika ada uang yang diandalkan untuk membayar maka bukan masalah, akan tetapi semisal tidak ada jangan berani meminjam uang dengan jaminan ijazah.

2. Bisnis Tertentu

Ada juga bisnis yang menawarkan peminjaman dana tunai dengan jaminan ijazah. Perlu Anda ketahui, bisnis yang memudahkan peminjaman uang tentunya menawarkan bunga yang besar, jadi bila tidak penting sekali jangan sampai meminjam uang di tempat yang seperti itu.

3. Rentenir

Mendengar namanya saja sudah bikin pusing bukan? Maka dari itu jangan sampai Anda meminjam pada rentenir, meskipun mereka memberikan kemudahan peminjaman hanya dengan jaminan ijazah. Jika Anda benar-benar sedang terdesak dan harus mendapatkan uang saat itu juga, maka Anda boleh meminjam uang jaminan ijazah di tiga tempat di atas, tapi dengan syarat berikut ini.

Syarat  Anda Boleh Meminjam Dana Tunai dengan Jaminan Ijazah

Karena meminjam melalui 3 tempat di atas cukup riskan, maka saat meminjam uang Anda harus memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini.

1. Sudah Berusaha Meminjam Pada Keluarga dan Teman

Sebelum meminjam melalui 3 tempat diatas, pastikan Anda sudah mencoba mencari pinjaman dana tunai pada teman ataupun keluarga. Karena biasanya keluarga dan teman yang baik, tentu mau meminjamkan uang pada Anda meskipun tanpa jaminan ijazah. Jadi jangan gegabah, cari terlebih dahulu pinjaman dana pada orang yang Anda kenal baik.

2. Memastikan Tempat Peminjaman Uang Terpercaya

Jika memang tidak ada keluarga dan teman yang bisa membantu, Anda boleh meminjam uang jaminan ijazah di tempat yang memang terpercaya. Tempat terpercaya yang dimaksud adalah koperasi atau tempat peminjaman yang memang sudah dikenal baik di masyarakat.

Pastikan orang yang pernah meminjam di tempat tersebut mengalami peristiwa yang baik seperti tidak ditipu, dimanfaatkan, dan lain sebagainya. Jangan sampai ijazah yang sudah Anda dapatkan dengan penuh perjuangan menjadi sirna karena salah memilih tempat peminjaman dana tunai.

3. Menghindari Meminjam dalam Waktu Lama

Saat memutuskan meminjam dengan jaminan ijazah, Anda harus memastikan akan meminjamnya dalam waktu yang sebentar seperti dalam hitungan minggu atau maksimal sebulan. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan ijazah Anda.

4. Memperhitungkan Jumlah Uang yang Dipinjam Beserta Bunganya dengan Teliti

Sebelum meminjam, hitung dahulu berapa uang yang harus dikembalikan di akhir. Pertimbangkan juga apakah Anda bisa melunasi jumlah uang tersebut atau tidak. Jika tidak bisa melunasi, sebaiknya jangan meminjam karena telat pembayaran membuat bunganya semakin besar dan hutang Anda bisa membengkak.

Butuh produk pinjaman dana terbaik di Indonesia dengan cicilan ringan? Dapatkan informasinya di https://www.cekaja.com/kredit/. Demikian tadi penjelasan tentang peminjaman dana tunai dengan jaminan ijazah. Pertimbangkan matang-matang sebelum menggadaikan ijazah Anda untuk mendapatkan pinjaman.

Tinggalkan Balasan