Kenali Diri Kamu Sendiri Untuk Mencari Potensi Kerja

Perkembangan zaman telah banyak memberikan kemudahan kepada masyarakat. Khususnya dengan perkembangan internet yang terbilang sangat pesat, membuat masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai apapun. Tidak terkecuali dengan informasi yang berasal dari negara lain.

Berbagai kemudahan yang telah ditawarkan oleh internet tentunya harus dapat kamu manfaatkan dengan baik. Terlebih lagi bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Saat ini, mencari pekerjaan menjadi lebih mudah karena kamu bisa mencarinya melalui internet. Hanya dengan mengakses internet, membuat kamu sudah tidak perlu lagi untuk datang langsung ke berbagai perusahaan demi mencari informasi terkait dengan lowongan kerja.

Bisa dibayangkan, apabila tidak ada internet tentunya kamu mau tidak mau harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk keperluan transportasi. Selain itu, hal ini juga akan menyita banyak waktu luangmu. Untuk itu, penting bagi kamu agar bisa memanfaatkan internet dengan bijak. Karena hal ini juga akan memberikan keuntungan kepada kamu.

Akan tetapi, perkembangan internet yang sangat pesat pun tidak secara signifikan dapat mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Sebagai salah satu negara berkembang dengan jumlah penduduk yang terbilang padat, tentunya hal ini menjadi salah satu permasalahan utama di Indonesia. Di samping itu, masih terdapat beberapa masyarakat Indonesia yang terbilang belum melek teknologi yang membuat mereka belum dapat memanfaatkan penggunaan internet dengan baik.

Pada dasarnya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Faktor utama dalam permasalahan ini adalah dikarenakan rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia. Karena masih banyak kita temui anak-anak Indonesia yang memilih untuk tidak melanjutkan sekolah atau dengan kata lain putus sekolah. Kebanyakan dari mereka menjadikan keadaan ekonomi sebagai alasan mereka putus sekolah.

Dengan memilih untuk putus sekolah, secara tidak langsung akan menyebabkan mereka sulit untuk mencari pekerjaan. Karena kebanyakan pekerjaan memiliki kualifikasi atau kriteria masing-masing yang terbilang cukup banyak. Hal ini akhirnya berujung pada tingginya tingkat pengangguran di Indonesia. Tentunya fenomena ini bukan fenomena baru karena sering kita lihat secara langsung. Contohnya, tidak sedikit anak-anak kecil yang lebih memilih untuk memulung dibandingkan dengan bersekolah.

Lalu, faktor yang kedua adalah kurangnya potensi yang kamu miliki. Tidak sedikit masyarakat dengan tingkat pendidikan yang tinggi mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan. Karena semakin berkembangnya zaman membuat proses seleksi masuk kerja menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah lulus maupun belum lulus, mulai dari sekarang kamu harus selalu menggali berbagai potensi yang ada di dalam diri kamu agar memudahkan dalam proses mencari pekerjaan.

Karena pada dasarnya, orang yang paling mengenal kamu adalah diri kamu sendiri. Karena menggali potensi sangat berpengaruh pada proses mencari pekerjaan yang akan kamu jalani. Ketika seseorang telah mengenal dan mengetahui potensi apa saja yang ada di dalam dirinya, maka orang tersebut akan terus mengembangkan potensi yang dimiliki untuk dijadikan sebagai modal dalam mencari pekerjaan.

Kamu harus meyakinkan diri kamu bahwa semakin hari tingkat persaingan kerja menjadi semakin sulit. Selain itu, jumlah pesaingnya pun akan terus bertambah di setiap harinya. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengenal potensi yang kamu miliki agar dapat terus dikembangkan. Dengan begitu, ketika sedang melamar pekerjaan kamu sudah memiliki nilai jual yang tinggi dan siap untuk bersaing dengan kandidat yang lainnya.

Pihak pemerintah pun tidak tinggal diam dalam menyikapi permasalahan ini. Tingginya tingkat pengangguran tentunya akan berpengaruh pada daya saing sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Untuk itu, Joko Widodo akan meluncurkan program baru yang berupa Kartu Pra Kerja untuk mengurangi tingginya tingkat pengangguran di Indonesia.

Nantinya, masyarakat yang berhak memiliki Kartu Pra Kerja akan mengikuti training yang diselenggarakan pemerintah. Selain itu, pada saat masa transisi setelah training dan menunggu waktu hingga mendapatkan kerja, kamu akan mendapatkan insentif atau yang biasa disebut dengan honor. Akan tetapi, insentif ini tidak berlaku untuk selamanya. Melainkan hanya pada waktu kamu menganggur setelah selesai melaksanakan training.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait dengan Kartu Pra Kerja, kamu bisa membacanya melalui artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/mengenal-kartu-pra-kerja-janji-baru-joko-widodo/

 

Tinggalkan Balasan